Selasa, 08 Oktober 2019

KISI - KISI UJIAN TENGAH SEMESTER 2019

                                        KISI - KISI UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL
                                                                  KLS T.P  9 2019

Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Level Kognitif
No Soal
Bentuk Soal

3.1 Membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
A.       Penerapan Pancasila dari masa ke masa
Peserta didik dapat memberikan bukti pasang surut kedudukan Pancasila sebagai dasar negara
L1
Pengetahuan dan Pemahaman



PG
Disajikan beberapa situasi dan kondisi yang dialami masyarakat Indonesia, peserta didik dapat mengelompokkan situasi dan kondisi yang menyelimuti kehidupan rakyat Indonesia pada masa penerapan Pancasila di era orde lama
L3
Penalaran


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan tujuan utama PKI
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan tujuan utama didirikannya NII
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Peserta didik dapat memberikan kesimpulan penerapan Pancasila pada tahun 1950-1959
L3
Penalaran


PG
Peserta didik dapat menyebutkan tahun diterapkannya Demokrasi Terpimpin
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan visi utama pemerintahan di masa orde baru
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Disajikan beberapa predikat yang diperoleh Presiden Soeharto, peserta didik dapat mengelompokkan predikat mana saja yang disandang oleh Presiden Soeharto
L3
Penalaran


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan tantangan yang dihadapi pada masa Reformasi
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Peserta didik dapat menyebutkan pasal dalam UUD 1945 yang dijadikan sebagai landasan operasional system ekonomi di Indonesia
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
B.   Dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman
Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri khas ideology terbuka
L3
Penalaran


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan keunggulan ideology terbuka
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian nilai-nilai keterbukaan ideology Pancasila (nilai dasar dan nilai instrumental)
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan dimensi pada ideology terbuka
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
C.   Perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan
Peserta didik dapat mendeskripsikan penerapan Pancasila dalam  HAM
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan karakteristik Demokrasi Pancasila
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan lembaga perekonomian dapat diterima keberadaanya asalkan sesuai dengan Nilai-nilai Pancasila
L2
Penerapan


PG
Peserta didik dapat memberikan contoh sikap hidup yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
L2
Penerapan


PG
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Level Kognitif
No Soal
Bentuk Soal

3.1 Membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsas
A.       Penerapan Pancasila dari masa ke masa
Peserta didik dapat memeberikan bukti pasang surut kedudukan Pancasila sebagai dasar negara
L1
Pengetahuan dan Pemahaman



PG
Disajikan beberapa situasi dan kondisi yang dialami masyarakat Indonesia, peserta didik dapat mengelompokkan situasi dan kondisi yang menyelimuti kehidupan rakyat Indonesia pada masa penerapan Pancasila di era orde lama
L3
Penalaran


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan tujuan utama PKI
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan tujuan utama didirikannya NII
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Peserta didik dapat memberikan kesimpulan penerapan Pancasila pada tahun 1950-1959
L3
Penalaran


PG
Peserta didik dapat menyebutkan tahun diterapkannya Demokrasi Terpimpin
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan visi utama pemerintahan di masa orde baru
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Disajikan beberapa predikat yang diperoleh Presiden Soeharto, peserta didik dapat mengelompokkan predikat mana saja yang disandang oleh Presiden Soeharto
L3
Penalaran


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan tantangan yang dihadapi pada masa Reformasi
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Peserta didik dapat menyebutkan pasal dalam UUD 1945 yang dijadikan sebagai landasan operasional system ekonomi di Indonesia
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
B.   Dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman
Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri khas ideology terbuka
L3
Penalaran


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan keunggulan ideology terbuka
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian nilai-nilai keterbukaan ideology Pancasila (nilai dasar dan nilai instrumental)
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan dimensi pada ideology terbuka
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
C.   Perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan
Peserta didik dapat mendeskripsikan penerapan Pancasila dalam  HAM
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan karakteristik Demokrasi Pancasila
L1
Pengetahuan dan Pemahaman


PG
Peserta didik dapat mendeskripsikan lembaga perekonomian dapat diterima keberadaanya asalkan sesuai dengan Nilai-nilai Pancasila
L2
Penerapan


PG
Peserta didik dapat memberikan contoh sikap hidup yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
L2
Penerapan


PG

Selamat belajar dengan penuh semangat, semoga sukses meraih cita - cita jangan lupa berdoa meminta kepada ALLAH SWT agar dimudahkan dan dilancarkan semua keinginannya ...

                                                             SELAMAT BEKERJA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar