PEMBELAJARAN PPKn
PERTEMUAN YANG KELIMA
Sekolah : SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung
Hari/TGL : Senin, 21 Agustus 2023
Kelas : IX A , B,C dan D
KD : 4.6. Membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Indikator :
Materi : - Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar
Sub Materi : Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Karakter yang harus ditanamkan
- Nasionalis
- Cinta Tanah Air
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Team Games
Tournament, dengan metode literasi, observasi, dan presentasi dengan
menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan
berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara
dan pandangan hidup bangsa
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.PENDAHULUAN:
a.Apersepsi.: Kesiapan kelas diisi dengan absensi dan kerapihan kelas dan seragam siswa.
b.Motivasi : Membangkitkan semangat siswa untuk kembali siap belajar, dengan motivasi dan stimulus.
c.Stimulus : Menyiapkan/mengkondisikan siswa sebelum memulai pembelajaran dengan mengingat/mengulas pembelajaran yang lalu tentang Perwujudan Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan Ekonomi dan Sosial budaya
2.KEGIATAN INTI :
a.Setelah Guru menyatakan bahwa kelas sudah siap unuk belajar, guru menyampaikan materi yang akan dipelajari hari ini dan tujuan dari apa yang akan di capai pada pembelajaran hari ini.
Setelah Guru menggali dan menjajaki pengetahuan siswa dengan memancing pertanyaan terkait materi yang akan dipelajari, yaitru Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
b.Guru menampilkan vidio terkait materi yang akan dipelajari.
c.Siswa mengamati Vidio yang di sajikan oleh Guru, setelah mengamati vidio, Siswa semakin bertambah pengetahuannya tentang Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
d. Siswa bekerjasama bersama teman sekelompoknya untuk menelaah tentang Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
e.Hasil tugasnya di bacakan di depan kelas dan mendapat tanggapan dari teman - teman sekelasnya.
3.PENUTUP.
a.Siswa dan Guru membuat kesimpulan atas materi yg baru dipelajari, bagai mana Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
b.Guru menyampaikan materi yg akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang, Pembukaan UUD NRI 1945
Penilaian :
Untuk penilaian ibu ada 3 yaitu:
1.SIKAP : Penilaian selama mengikuti kegiatan PBM, dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah
2.Pengetahuan : Mengerjakan tugas mandiri dan kelompok
3.Keterampilan : Kerapihan kelengkapan berpakaian,
Oke sayang selamat bekerja dan tetap Semangat ... Terus Jaga Kesehatan dan jangan lupa untuk selalu berdoa.
SUKSES UNTUK KITA BERSAMA
Assalamualaikum
BalasHapusKhairunnisa m sasikirana
9b
Hadir
Assalamualaikum
BalasHapusKeysha Ozora Aditya Putri
9A
Hadir
Assalamualaikum
BalasHapusAndhika Putra Pratama
9A
Hadir
Assalamu'alaikum
BalasHapusAmira Nur Azizah
9A
Hadir