PEMBELAJARAN PPKn
PERTEMUAN YANG KEENAM
Sekolah : SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung
Hari/TGL : Rabu, 21 Januari 2024
Kelas : IX B
KD : 3.5. Menganalisis prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Indikator : - 3.5.3. Menganalisis akibat yang ditimbulkan oleh terjadinya masalah yang muncul
- 3.5.3. - Menganalisis upaya menyelesaikan masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat Indonesia
Materi : - Harmoni keberagaman masyarakat Indonesia
- Kerja Keras
- Tanggungjawab
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model
pembelajaran Snowball Throwing, dengan metode literasi, observasi, dan
presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong
royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
v Memahami upaya penyelesaian masalah dalam keberagaman masyarakat Indonesia.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.PENDAHULUAN:
a.Apersepsi.: Kesiapan kelas diisi dengan absensi dan kerapihan kelas dan seragam siswa.
b.Motivasi : Membangkitkan semangat siswa untuk kembali siap belajar, dengan motivasi dan stimulus agar kembali siap untuk belajar di kls.
c.Stimulus : Menyiapkan/mengkondisikan siswa sebelum memulai pembelajaran dengan pertanyaan singkat terkait materi pada pertemuan yang lalu., yaitu tentang permasalahan dan akibat yang muncul dalam keberagaman masyarakat Indonnesia.
2.KEGIATAN INTI :
a.Setelah Guru menyatakan bahwa kelas sudah siap untuk belajar, guru menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan dari apa yang akan di capai pada pembelajaran hari ini.
Setelah Guru menggali dan menjajaki pengetahuan siswa dengan memancing pertanyaan terkait materi yang telah dipelajari, yaitu Upaya penyelesaian masalah dalam keberagaman masyarakat Indonesia
Upaya Pencegahan Konflik yang Bersifat Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA) :
- Preventif : upaya dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah atau sebelum masalah terjadi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengembangkan sikap toleransi, kerja sama, latihan bersama, dan sebagainya
- Represif : upaya mengatasi masalah pada saat atau setelah terjadi masalah, seperti penangkapan, pembubaran paksa, dan sebagainya
- Kuratif, merupakan upaya tindak lanjut atau penanggulangan akibat masalah yang terjadi. Cara ini bertujuan untuk mengatasi dampak dari masalah yang terjadi. Misalnya, pendampingan bagi korban kerusuhan, perdamaian, kerja sama, dan sebagainya
Masalah yang diakibatkan oleh keberagaman masyarakat, antara lain konflik atau pertentangan antarsuku, konflik antaragama, konflik antarras, dan konflik antargolongan.
Masalah atau konflik yang terjadi dalam masyarakat yang beragam, dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Konflik yang terjadi dapat disebabkan oleh satu faktor atau beberapa faktor yang saling mendukung.
Penyebab konflik antara lain sikap etnosentrisme terhadap kelompok sendiri, sikap prasangka atau stereotip terhadap kelompok lain, hubungan antarpemeluk agama yang kurang harmonis, dan hubungan antara penduduk asli dan pendatang yang kurang harmonis.
Konflik dalam masyarakat memiliki akibat yang positif maupun negatif. Akibat negatif dari konflik yang terjadi, antara lain perpecahan atau disintegrasi masyarakat, kehancuran nilai-nilai dan norma sosial yang ada, kerugian harta benda dan korban manusia, serta perubahan kepribadian.
Upaya mencegah dan mengatasi masalah akibat keberagaman masyarakat Indonesia dapat dilakukan secara preventif, represif, maupun kuratif. Beberapa upaya mengatasi konflik antara lain dengan membangun kerja sama, akomodasi, dan asimilasi.
b.Guru menampilkan vidio terkait materi yang akan dipelajari.
c.Siswa mengamati Vidio yang di sajikan oleh Guru, setelah mengamati vidio, Siswa diijinkan untuk menanyakan materi yang belum dipahami tentang Upaya penyelesaian masalah dalam keberagaman masyarakat Indonesia
d. Siswa menelaah/ mencari dari berbagai sumber terkait Upaya penyelesaian masalah dalam keberagaman masyarakat Indonesia.
e.Hasil telaah di kumpulkan untuk dinilai oleh Guru, namun sebelumnya di bahas bersama - sama dikelas.
3.PENUTUP
a.Siswa dan Guru membuat kesimpulan atas materi yg baru dipelajari,tentang Upaya penyelesaian masalah dalam keberagaman masyarakat Indonesia
b.Guru menyampaikan materi yg akan dipelajari pada pertemuan yang akan yaitu Bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
Penilaian :
Untuk penilaian ibu ada 3 yaitu:
1.SIKAP : Penilaian selama mengikuti kegiatan PBM, dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah
2.Pengetahuan : Mengerjakan tugas mandiri dan kelompok
3.Keterampilan : Kerapihan kelengkapan berpakaian,
Oke sayang selamat bekerja dan tetap Semangat ... Terus Jaga Kesehatan dan jangan lupa untuk selalu berdoa.
SUKSES UNTUK KITA BERSAMA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar