Kamis, 25 Juli 2024

Penerapan Pancasila dari masa ke masa

                                           PEMBELAJARAN  PPKn 

                                        PERTEMUAN YANG KEDUA 


Sekolah                    : SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung

Hari/TGL                 :  Kamis, 25 Juli  2024

Kelas                        :  IX C - D

KD                           : 4.6. Membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

Indikator                   :

Materi                      : - Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa

Sub Materi               : Penerapan Pancasila dari masa ke masa                                                                                        

Karakter yang harus ditanamkan

- Nasionalis

- Cinta Tanah Air 


TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Number Heads Together, dengan metode literasi, observasi, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

- Memahami penerapan Pancasila dari masa ke masa


KEGIATAN PEMBELAJARAN :

1.PENDAHULUAN:

           a.Apersepsi.: Kesiapan kelas diisi dengan absensi dan kerapihan kelas dan kelengkapan seragam siswa.

           b.Motivasi   : Membangkitkan semangat siswa untuk kembali siap belajar, dengan motivasi dan  stimulus.

           c.Stimulus    : Menyiapkan/mengkondisikan kesiapan belajar siswa dengan menghubungkan materi yang telah dipelajari minggu yang lalu .

 

 2.KEGIATAN INTI :

    A. Setelah Guru menyatakan bahwa kelas sudah siap unuk belajar, guru menyampaikan materi yang akan dipelajari hari ini dan tujuan dari apa yang akan di capai pada pembelajaran hari ini.

    B.  Setelah Guru menggali dan menjajaki pengetahuan siswa dengan memancing pertanyaan terkait  materi yang akan dipelajari. 

    C. Ringkasan Materi 

Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa

Pada periode Awal Kemerdekaan (1945-1959)  penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup menghadapi berbagai masalah. Ada upaya-upaya untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dan penyimpangan terhadap nilai-nilai Pancasila yaitu : 

    1. Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Madiun pada tanggal 18 September 1948 yang dipimpin oleh Muso. Tujuannya mendirikan Negara Soviet Indonesia yang berideologi komunis atau mengganti Pancasila dengan paham komunis, namun dapat digagalkan.
    2. Pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) dipimpin Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo, ditandai dengan didirikannya Negara Islam Indonesia (NII) oleh Kartosuwiryo pada tanggal 7 Agustus 1949. Bertujuan mengganti Pancasila sebagai dasar negara dengan syari’at Islam. Namun, gerakannya bertentangan dengan ajaran Islam sebenarnya. Kartosuwiryo bersama para pengikutnya bisa ditangkap pada 4 Juni 1962. 
      1. Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS), dipimpin oleh Christian Robert Steven Soumokil, bertujuan membentuk negara sendiri, yang didirikan tanggal 25 April 1950. Pulau-pulau terbesarnya adalah Seram, Ambon, dan Buru. RMS di Ambon dikalahkan oleh militer Indonesia pada bulan November 1950.
      1. Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) atau Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta) dipimpin oleh Sjarifuddin Prawiranegara dan Ventje Sumual (1957-1958) di Sumatra dan Sulawesi. Gerakan ini merupakan bentuk koreksi untuk pemerintahan pusat pada waktu itu yang dipimpin oleh Presiden Soekarno. 
      1. APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) : melakukan pemberontakan pada tanggal 23 Januari 1950, dengan melakukan serangan dan menduduki kota Bandung, serta menguasai markas Staf Divisi Siliwangi. Westerling merencanakan untuk menyerang Jakarta, tetapi usahanya dapat digagalkan. 
      1. Perubahan bentuk negara dari Republik Indonesia Serikat menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia, sedangkan konstitusi yang berlaku adalah Undang-Undang Dasar Sementara 1950. Dalam perjalanannya berhasil melaksanakan pemilu pertama di Indonesia pada tahun 1955 yang selama itu dianggap paling demokratis.

          D. Selanjutnya Guru menampilkan vidio terkait materi yang akan dipelajari.

                     



    E. Siswa mengamati Vidio yang di sajikan oleh Guru, setelah mengamati vidio, Siswa semakin bertambah pengetahuannya tentang penerapan Pancasila dari masa kemasa.

    F. Siswa berkerja mandiri mengidentifikasi Fase penerapan Pancasila dari masa ke masa dari awal kemerdekaan sampai ke fase Reformasi.

    G.Hasil tugasnya di bacakan di depan kelas dan mendapat tanggapan dari teman - teman sekelasnya.


   3.PENUTUP.
           

      a.Siswa dan Guru membuat kesimpulan atas materi yg baru dipelajari, bagaimana fase penerapan Pancasila Dari Masa Ke Masa

      b.Guru menyampaikan materi yg akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.


Penilaian :

Untuk penilaian ibu ada 3 yaitu:

1.SIKAP            : Penilaian selama mengikuri kegiatan PBM, dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah

2.Pengetahuan    : Mengerjakan tugas mandiri dan kelompok

3.Keterampilan    : Kerapihan kelengkapan berpakaian, 


 Oke sayang selamat bekerja dan tetap Semangat ... Terus Jaga Kesehatan dan jangan lupa untuk selalu berdoa.


                                           SUKSES UNTUK KITA BERSAMA


1 komentar: