Senin, 11 Agustus 2025

Hubungan Pancasila dengan UUD NRI 1945

                       


                                         PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

                                                                PERTEMUAN KETIGA


Sekolah                              : SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung

Hari/TGL                           :  Senin, 11 Agustus 2025

Kelas                                  :  9 D

Elemen                               :  Pancasila

Fase / semester                   :  D / Ganjil

CP                                       :  Peserta didik memahami sejarah kelahiran Pancasila; memahami kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa, dan ideologi negara; menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari; mengidentifikasi hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Alur Tujuan Pembelajaran  :  Peserta didik  diharapkan mampu menjelaskan hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Materi                                  : Hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, BhinnekaTunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Sub Materi                : Hubungan Pancasila dengan UUD NRI 1945

Guru Pengampu                    : Yuniar, S.Pd., M.M

waktu                                    : 1 X Pertemuan ( 3 X 40 Menit / 3 JP).   

                                                                         

Karakter yang harus ditanamkan

- Percaya dan takwa kepada Allah SWT

- Bergotong royong

- Kreatif


TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran, diharapkan:

  • Peserta Didik mampu memahami hubungan pancasila dengan UUD NRI 1945  


KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatu ...

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Segala puji hanya milik Allah Rabb semesta alam, shalawat dan salam tercurahkan kepada nabi dan utusan paling mulia, nabi dan kekasih kita Muhammad, kepada keluarga, sahabat-sahabatnya, dan kepada siapa saja yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari pembalasan.

Anak - anak SPALGA HEBAT  yang sholeh dan sholeha yang ibu banggakan, , sebelum kita melanjutkan materi pelajaran selanjutnnya yang akan kita pelajari pada hari ini, kita akan mengingat kembali pada pelajaran yang telah kita pelajari pada pertemuan pekan yang lalu, yaitu  tentang Semangat Pancasila dalam Kehidupan Bernegara.
masih ingat ya yak bahwa semangat Pancasila  yang tertuang dalam nilai - nilai Pancasila harus kita wujudkan di dalam kehidupan kita sehari - hari baik didalam kehidupan lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan hubungan antar teman, agat tercipta kehidupan yang rukun dan damai serta  selaras serasi dan seimbang.

Anak - anak Spalga yang hebat , pada pertemuan hari ini kita akan  mempelajari tentang Hubungan Pancasila dengan UUD NRI 1945
 
Sebelumnya yook kita simak dulu vidio pembelajaran dibawah ini ...   

sumber: youtube



MATERI PELAJARAN :

Hubungan Pancasila dengan UUD NRI 1945.


Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 memiliki hubungan yang sangat erat. Pancasila merupakan dasar negara dan sumber dari segala sumber hukum di Indonesia, yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945. Hubungan ini bersifat formal dan material. Secara formal, Pancasila termuat dalam Pembukaan UUD 1945, khususnya alinea keempat. Secara material, Pancasila menjadi dasar filosofis dan normatif bagi seluruh pasal dalam UUD 1945, yang menjadi pedoman dalam penyelenggaraan negara dan kehidupan bermasyarakat.


Dengan kata lain Pancasila itu Rohnya dan UUD NRI 1945 itu jasadnya sehingga satu sama lainnya harus bersatu agar tetap hidup.


Kedudukan Pancasila lebih tinggi daripada UUD NKRI Tahun 1945.

Jimly Asshiddiqie (2011), Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (2003-2008), menyatakan bahwa: "Pancasila tidak dapat dipisahkan dari UUD NRI Tahun 1945 dan sistem ketatanegaraan, sebab hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 seperti hubungan antara roh dan jasad yang tidak terpisahkan. Pancasila merupakan rohnya dan UUD NRI Tahun 1945 merupakan jasadnya. Pancasila merupakan nilai-nilai utama, sedangkan UUD NRI Tahun 1945 merupakan bentuk hukumnya, sehingga tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya".

Berikut ini sebagian contoh dalam UUD NRI Tahun 1945 di setiap pasal secara jelas terinspirasi atau merujuk pada Pancasila:

- Pasal 29 Ayat 1 dan Ayat 2 yang merujuk pada sila pertama.

- Pasal 27 Ayat 2 dan Pasal 34 Ayat 2 yang merujuk pada sila kedua

-Pasal 31 Ayat 5 yang merujuk pada sila ketiga.

- Pada pasal 22E Ayat 1 dan Ayat 2 yang merujuk pada sila keempat.

- Pasal 33 Ayat 4 yang merujuk pada sila kelima.


Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai hubungan Pancasila dan UUD 1945:


A. Hubungan Formal:


1. Pancasila sebagai dasar negara tercantum dalam pembukaan UUD NRI 1945 khusus alinea keempat.


2. Pembukaan UUD 1945 menegaskan bahwa Pancasila adalah sumbr dari segala sumber hukum Indonesia.


3. Hal diatas menegaskan bahwa setiap peraturan Per-UU-an, kebijakan pemerintah, dan tindakan penyelenggara negara harus berdasarkan nilai - nilai Pancasila.


B. Hubungan Material:
Pancasila memberikan filosofi dan nilai - nilai yang terkandung dalam setiap pasal UUD 1945.misalnya;
- Sila pertama tercermin dalam pasal 29 UUD 1945  
- Sila kedua tercermin dalam pasal 27 dan 34 UUD 1945
-  Sila ketiga tercermin dalam pasal 31 UUD 1945
- Sila keempat tercermin dalam pasal 22E UUD 1945
- Sila kelima tercermin dalam pasal 33 UUD 1945

C. Pancasila Sebagai Sumber Hukum 
- Pancasila memiliki kedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia, termasuk UUD 1945.
- UUD 1945 dan seluruh per-UU-an harus sesuai dengan nilai - nilai Pancasila.
- Jika ada peraturan yang bertentangan dengan pancasila, maka peraturan tersebut dapat dikatakan tidak sah.

D. Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari - hari
- Sebagai warga negara Indonesia kita harus memahami dan mengamalkan nilai - nilai pancasila dalam kehidupan sehari - hari baik di keluarga, sekolah, masyarakat maupun berbangsa dan bernegara.
Kita harus menghormati hak-hak orang lain, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa, serta berpartisipasi aktif dalam membangun negara yang adil dan makmur. 

Dengan demikian, Pancasila dan UUD 1945 merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. Pancasila memberikan dasar ideologi dan nilai-nilai luhur, sementara UUD 1945 menjadi landasan konstitusional dalam penyelenggaraan negara. 

EVALUASI

Membuat tugas mandiri menemukan pasal pasal yang mengatur hubungan Pancasila dengan UUD 1945 dalam kitab UUD NRI 1945 berdasarkan nilai - nilai yang tercantum dalam sila pancasila.


KESIMPULAN

Anak - anak yang hebat bagaiman pembelajaran kita hari ini ...kalian senang belajar hari ini ... kalau kalian merasa senang berarti kalian bisa memahami pembelajaran hari ini ya, nah anak anak - anak yang hebat kesimpulan pembelajaran kita hari ini adalah bahwa Pancasila dan UUD 1945 merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. Pancasila memberikan dasar ideologi dan nilai-nilai luhur, sementara UUD 1945 menjadi landasan konstitusional dalam penyelenggaraan negara.

 Oke sayang teruslah belajar dan tetap Semangat dalam meraih cita - cita ...  terus Jaga Kesehatan dan jangan lupa untuk terus berdoa memohon keridhoan Allah SWT...


REFERENSI:

Buku Paket PP kurikulum Merdeka kls 9   

Vidio Youtube Indra Edu

 Artikel materi Spiroku

Dan buku yang relefan lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar