PEMBELAJARAN PPKn
PERTEMUAN YANG PERTAMA
Sekolah : SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung
Hari/TGL : Senin, 2 Januari 2023- Kamis, 5 Januari 2023
Kelas : 7 A - D
KD
: 3.4. Mengidentifikasi Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.
Indikator : - Bersyukur atas keberagaman yang dimiliki Bangsa Indonesia.
- Menghargai keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
Materi : - Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
Karakter yang harus ditanamkan:
-Bangga Sebagai Bangsa Indonesia.
- Cinta Tanah Air dan Bangsa
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah mempelajari pembelajari hari ini ,peserta didik diharapkan dapat :
1.Menghargai Keberagaman Suku, Agama ,Ras dan Antar Golongan di Indonesia
2.Merasa Bangga dan Bersyukur atas keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan yang ada di Indonesia.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.PENDAHULUAN
a.Apersepsi.: Kesiapan kelas diisi dengan absensi dan kerapihan kelas dan seragam siswa.
b.Motivasi : Membangkitkan semangat siswa untuk kembali siap belajar, setelah libur semester Ganjil.
c.Stimulus : Menyiapkan siswa untuk menerima materi yang akan di pelajari., dengan
sebelumnya mengaitkan dengan materi pelajaran yang terdahulu, kemudian mengajak siswa untuk menggali pemahaman keberagaman yang ada di Indonesia.
2.KEGIATAN INTI :
a.Setelah Guru menyelami pemahaman siswa tentang keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan yang ada di Indonesia, guru menampilkan Vidio yang menceritakan tentang Keberagaman Suku , Agama, Ras dan Antar Golongan.
- Anekaragam pakaian daerah nusantara : https://www.youtube.com/watch?v=oAr_frpt3RM
- aneka ragam makanan nusantara : https://www.youtube.com/watch?v=TDegUdg5cYA
b.https://www.youtube.com/watch?v=EwIrIh3rivA
c.Siswa mengamati Vidio yang di sajikan oleh Guru, setelah mengamati vidio, Siswa mencari contoh dengan
menganalisa dilingkungannnya sendiri, keberagamandi dalam kelas dengan teman - temannya yang ada dikelas dan lingkungan tempat tinggalnya.
d.Siswa membuat laporan secara tertulis dan dikumpulkan kepada guru hasil temuan keberagaman suku di dalam kelasnya dan lingkungan tempat tinggalnya.
e. Guru mengarahkan siswa untuk mensyukuri atas keberagaman yang ada di Indonesia.
3.PENUTUP.
a.Siswa dan Guru membuat kesimpulan atas materi yg baru dipelajari, untuk mewujudkan rasa syukur atas keberagaman suku, Agama , Ras Dan Antar Golongan yang ada di Indonesia.
b.Guru menyampaikan materi yg akan datang.
Penilaian :
Untuk penilaian ibu ada 3 yaitu:
1.SIKAP : Penilaian selama mengikuri kegiatan PBM, dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah
2.Pengetahuan : Tugas dan Ulangan/Uji Blpk/Post tes.
3.Keterampiln : Kerapihan berpakaian, dan hasil tugas projek.
Oke sayang selamat bekerja dan tetap Semangat ... Terus Jaga Kesehatan dan jangan lupa untuk selalu berdoa.
SUKSES UNTUK KITA BERSAMA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar