PEMBELAJARAN PPKn
PERTEMUAN YANG KEDUA
Sekolah : SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung
Hari/TGL : Senin, 25 Juli 2023
Kelas : IX A - D
KD : 4.6. Membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Indikator :
Materi : - Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
Sub Materi : Penerapan Pancasila dari masa ke masa
Karakter yang harus ditanamkan
- Nasionalis
- Cinta Tanah Air
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Number Heads Together, dengan metode literasi, observasi, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
- Memahami penerapan Pancasila dari masa ke masa
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.PENDAHULUAN:
a.Apersepsi.: Kesiapan kelas diisi dengan absensi dan kerapihan kelas dan seragam siswa.
b.Motivasi : Membangkitkan semangat siswa untuk kembali siap belajar, dengan motivasi dan stimulus.
c.Stimulus : Menyiapkan/mengkondisikan
siswa untuk menerima materi yang akan di pelajari., dengan sebelumnya guru memberikan umpan / stimulus terkait materi yg akan disampaikan.
2.KEGIATAN INTI :
a.Setelah Guru menyatakan bahwa kelas sudah siap unuk belajar, guru menyampaikan materi yang akan dipelajari hari ini dan tujuan dari apa yang akan di capai pada pembelajaran hari ini.
Setelah Guru menggali dan menjajaki pengetahuan siswa dengan memancing pertanyaan terkait materi yang akan dipelajari.
b.Guru menampilkan vidio terkait materi yang akan dipelajari.
c.Siswa mengamati Vidio yang di sajikan oleh Guru, setelah mengamati vidio, Siswa semakin bertambah pengetahuannya tentang penerapan Pancasila dari masa kemasa.
d. Siswa berkerja mandiri mengidentifikasi Fase penerapan Pancasila dari masa ke masa dari awal kemerdekaan sampai ke fase Reformasi.
e.Hasil tugasnya di bacakan di depan kelas dan mendapat tanggapan dari teman - teman sekelasnya.
3.PENUTUP.
a.Siswa dan Guru membuat kesimpulan atas materi yg baru dipelajari, bagaimana fase penerapan Pancasila Dari Masa Ke Masa
b.Guru menyampaikan materi yg akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
Penilaian :
Untuk penilaian ibu ada 3 yaitu:
1.SIKAP : Penilaian selama mengikuri kegiatan PBM, dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah
2.Pengetahuan : Mengerjakan tugas mandiri dan kelompok
3.Keterampilan : Kerapihan kelengkapan berpakaian,
Oke sayang selamat bekerja dan tetap Semangat ... Terus Jaga Kesehatan dan jangan lupa untuk selalu berdoa.
SUKSES UNTUK KITA BERSAMA
Assalamu'alaikum
BalasHapusAmira Nur Azizah
9A
Hadir