Jumat, 25 April 2025

Landasan Karakter dan penerapan kerjasama dan gotongroyong

 

                     


                                                     PEMBELAJARAN PPKn KELAS 7

                                                          PERTEMUAN KESEMBILAN


Sekolah                    : SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung

Hari/TGL                 :  Jumat,  25 April 2025

Kelas                        :  7 D

Elemen                     : Bhinneka Tunggal Ika 

Fase / semester         : D / Ganjil

CP                             :  Peserta didik mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dan menerima keberagaman dan perubahan budaya dalam kehidupan bermasyarakat tingkat lokal, nasional, dan global; memahami pentingnya pelestarian tradisi, kearifan lokal, dan budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa; menumbuhkan sikap tanggung jawab dan berperan aktif menjaga dan melestarikan praktik tradisi, kearifan lokal, dan budaya dalam masyarakat global.    

Materi Pembelajaran    : 6.3.Landasan  Karakter dan penerapan kerjasama dan gotongroyong

Alur Tujuan Pembelajaran :  Peserta didik mampu merespon lingkungannya untuk kerja sama dan  gotong royong.               

Guru Pengampu         : Yuniar, S.Pd., M.M

waktu                         : 1 X Pertemuan ( 3 X 40 Menit / 3 JP).   

                                                                         

Karakter yang harus ditanamkan

- Percaya dan takwa kepada Allah SWT

- Bergotong royong

- Kreatif


TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran, diharapkan:

  • Peserta didik mampu menjelaskan nilai penting kerjasama dan gotong royong.

  


KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatu ...

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Segala puji hanya milik Allah Rabb semesta alam, shalawat dan salam tercurahkan kepada nabi dan utusan paling mulia, nabi dan kekasih kita Muhammad, kepada keluarga, sahabat-sahabatnya, dan kepada siapa saja yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari pembalasan.



Anak - anak hebat yang sholeh dan sholeha yang ibu banggakan, sebelum kita melanjutkan materi pelajaran selanjutnnya yang akan kita pelajari pada hari ini, kita akan mengingat kembali pada pelajaran yang telah kita pelajari pada pertemuan pekan yang lalu, yaitu  nilai penting kerjasama dan gotong royong.
Sekarang kalian sudah paham bahwa kerjasama dan gotong royong yang merupakan budaya bangsa indonesia yang diwariskan dai jaman nenek moyang kita dahulu. nilai budaya gotong broyong dan kerjasama merupkan hl yang sangat penting bagi kita semua karena hal ini berkaitan bahwa manusia adalah mahluk sosial yang sangat membutuhkan bantuan orang lain di dalam kehidupan sehari harinya.

Anak - anak Spalga yang hebat , sekarang kita lanjutkan materi pembelajaran yang selanjutnya yaitu tentang

Sumber: Youtube


MATERI PELAJARAN

Landasan karakter kerja sama dan gotong royong.

Kerja sama dan gotong royong bertujuan untuk meringankan pekerjaan dan mempererat hubungan individu satu dengan individu lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), landasan adalah dasar atau tumpuan.

Sementara karakter ialah sifat-sifat kejiwaan, akhlak, budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain.

Landasan karakter merupakan acuan yang menjadikan sifat-sifat kepribadian seseorang sehingga berbeda dengan orang lain.

Melansir dari kemendikbud.go.id, berdasarkan pemikiran Ki Hajar Dewantara, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengenalkan empat 'olah' dalam kehidupan.

Nah, keempatnya diperlukan untuk membangun kerja sama dan gotong royong yang baik ya, Kids.

Untuk mengetahui landasan karakter kerja sama dan gotong royong, yuk simak informasi di bawah ini.

Landasan Karakter Kerja Sama dan Gotong Royong

1. Olah Pikir (Karakter Hijau)

Olah pikir adalah karakter yang penuh pertimbangan, kehati-hatian, dan teliti.

Inilah karakter yang berusaha meraih kesempurnaan baik berdasarkan kebeneran agama, ilmu, maupun norma dengan menggunakan kecerdasan berpikir.

Orang yang berkarakter hijau disebut tipe melankolis dalam psikologi. Selain itu juga selaras dengan kecakapan intelektual.

2. Olah Hati (Karakter Biru)

Olah hati merupakan karakter yang cinta damai dan memiliki kehidupan yang harmonis.

Hal ini dicontohkan dengan bersikap positif, pandai bersyukur, dan suka membantu teman.

Menurut konsep karakter holistik, olah hati bisa disebut sebagai karakter biru.

Dalam psikologi seseorang yang memiliki karakter biru disebut tipe plegmatis.

Olah hati atau karakter biru membuat mudah kerja sama dan gotong royong.

3. Olah Rasa dan Karsa (Karakter Merah)

Menurut konsep karakter holistik, olah rasa dan karsa bisa disebut sebagai karakter merah, Kids.

Olah rasa dan karsa merupakan karakter yang komunikatif, kreatif, serta
antusias atau bersemangat.

Karakter merah dimiliki setiap orang dan disebut tipe sanguinis dalam psikologi.

Olah rasa dan karsa atau karakter merah membuat kerja sama dan gotong royong lebih bersemangat dan kreatif.

4. Olah Raga (Karakter Kuning)

Olah raga tak enggak hanya olah fisik melainkan juga termasuk karakter tekun dan disiplin, ya.

Nah, konsep karakter holistik, olah raga dapat disebut sebagai karakter kuning.

Tahukah kamu? Setiap orang pada dasarnya memiliki karakter kuning, meskipun ada orang tertentu yang kuat dalam karakter ini.

Olah raga atau karakter kuning membuat kerja sama dan gotong royong lebih berhasil


 EVALUASI

 Membentuk beberapa kelompok untuk melaksanakan 

1. Meminta siswa menjelaskan tentang olah hati/karakter biru, yakni karakter suka damai dan baik-baik (karakter visual serta intuiting/berintuisi).

2. Meminta siswa menjelaskan tentang olah pikir/karakter hijau, yakni karakter tertib dan banyak pertimbangan (karakter audio serta thinking/berpikir).

3. Meminta siswa menjelaskan tentang olah raga/karakter kuning, yakni karakter teguh dan fokus pada tujuan (karakter kinestetik atau sensing/berindera).

4. Meminta siswa menjelaskan tentang rasa &karsa/karakter merah dan karakter kreatif dan antusias (karakter interaktif serta feeling/berperasaan).

5. Meminta siswa mengidentifikasi karakter utama yang menjadi kecenderungan dirinya sendiri. (biru/hijau/kuning/merah).

    

 KESIMPULAN         

 Anak - anak yang hebat bgaiman pembelajaran hari ini apakah menyenangkan, kalau kalian merasa senang berarti kalian dapat memahami materi pelajaran hari ini, bahwa kerjasama atau gotong royong merupakan suatu kebisaan yang baik dan angat penting untuk memupuk rasa kebersamaan dan persatuan.

Oke sayang teruslah belajar dan tetap Semangat dalam meraih cita - cita ...  terus Jaga Kesehatan dan jangan lupa untuk terus berdoa memohon keridhoan Allah SWT...

REFERENSI:

Buku Paket PPKn kelas 7 kurikulum Merdeka                                                                                    Vidio Youtube Indra Edu                                                                                                                      Artikel materi Grid Kids                                                                                                                           Dan buku yang relefan lainnya.

                                                       

                                           SUKSES UNTUK KITA SEMUA






Tidak ada komentar:

Posting Komentar