PEMBELAJARAN PPKn
PERTEMUAN YANG KEDUA
Sekolah : SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung
Hari/TGL : Kamis, 1 Agustus 2024
Kelas : IX D dan C
KD : 4.6. Membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Indikator :
Materi : - Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
Sub Materi : Dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman
Karakter yang harus ditanamkan
- Nasionalis
- Cinta Tanah Air
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
- Memahami Dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.PENDAHULUAN:
C. Stimulus : Menyiapkan/mengkondisikan siswa sebelum memulai pembelajaran dengan mengingat/mengulas pembelajaran yang lalu, yaitu tentang Penerapan Pancasila dari Masa ke masa, bahwasannya pelaksanaan pancasila sejak wal kemerdekaan hingga saat ini banyak terdapat kendala dan penyimpangan - penyimpangan yang terjadi yang bertujuan untuk mengganti ideologi Pancasila dengan paham yang lainnya. namun Idiologi pancasila tetap tidak dapat di gantikan dengan paham yang lainnya karena idiologi pancasila terdapat nilai - nilai luhur yang sudah berakar dalam kepribadian bangsa indonesia yang sudah dipraktekkan sejak jaman nenek moyang kita dahulu.
kita harus bangga bahwa Pancasila satu satunya Idiologi yang ada di dunia dan dimiliki oleh bangsa Indonesia.
2.KEGIATAN INTI :
A. Setelah Guru menyatakan bahwa kelas sudah siap unuk belajar, guru menyampaikan materi yang akan dipelajari hari ini dan tujuan dari apa yang akan di capai pada pembelajara
B. Materi yang akan di pelajari yaitu tentang ;
Nilai Nilai Pancasila sesuai dengan Perkembangan jaman.
Ciri khas ideologi terbuka adalah nilai-nilai dan cita-citanya tidak dipaksakan dari luar, melainkan digali dan diambil dari kekayaan rohani, moral, dan budaya masyarakat itu sendiri.
Keterbukaan ideologi Pancasila harus selalu memperhatikan:
a. Stabilitas nasional yang dinamis.
b. Larangan untuk memasukan pemikiran-pemikiran yang mengandung nilai-nilai ideologi marxisme, leninisme dan komunisme.
c. Mencegah berkembangnya paham liberal.
d. Larangan terhadap pandangan ekstrim yang menggelisahkan kehidupan masyarakat.
e. Penciptaan norma yang harus melalui kesepakatan.
● Keterbukaan ideologi Pancasila mengandung nilai :
1. Dasar, bersifat universal sehingga di dalamnya terkandung citacita, tujuan, serta nilai-nilai yang baik dan benar. Nilai dasar ini bersifat tetap dan melekat pada kelangsungan hidup negara.
2. Instrumental, penjabaran nilai-nilai dasar ideologi Pancasila berupa peraturan perundangan dan lembaga pelaksanaannya.
Misalnya; UUD, ketetapan MPR, UU, serta peraturan perundangundangan lainnya. Dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman dan aspirasi masyarakat berdasarkan nilai-nilai Pancasila.
3. Praktis, realisasi dari nilai-nilai instrumental berupa suatu pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.A. Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Politik dan Hukum: Ini meliputi persoalan lembaga negara, hak asasi manusia, demokrasi, dan hukum. Pembangunan negara Indonesia sebagai negara modern, yaitu membangun sistem pemerintahan yang sesuai dengan perkembangan zaman, namun tetap sesuai dengan sistem pemerintahan yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila.
B. Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Ekonomi:
1. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
2. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak, dikuasai oleh negara.
3. Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya, dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.
4. Perekonomian nasional, diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawawasan lingkungan, kemandirian, serta menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.C. Perwujudan Nilai-nilai Pancasila dalam Bidang Sosial Budaya:Nilai-nilai sosial dalam masyarakat yang sesuai dengan Pancasila yaitu kekeluargaan, musyawarah, gotong royong, terus dipelihara dan diwariskan kepada generasi muda.
Nilai-nilai sosial dari luar, seperti semangat bekerja keras, kedisiplinan, dan sikap ilmiah, dapat diterima sesuai nilai-nilai Pancasila.
Berikut contoh budaya yang diterima oleh masyarakat berupa teknologi:
Teknologi dalam surat menyurat atau menyebarkan informasi, teknologi seperti penggunaan traktor untuk mempermudah proses penjajakan tanah, dan lain sebagainya.D. Perwujudan Nilai-nilai Pancasila dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan:
Bentuk partisipasi rakyat dalam pembelaan negara sudah ada dalam masyarakat, seperti kegiatan ronda malam atau sistem keamanan lingkungan atau siskamling.
D.Selanjutnya Guru menampilkan vidio terkait materi yang dipelajari
E. Evaluasi
Siswa berdiskusi bersama kelompoknya mencari contoh bahwa Nilai _ nilai pancasila dapat mengikuti perkembangan zaman
Pembahasan
Pancasila berasal dari dua susunan kata yaitu panca dan sila. Dimana kata panca berarti lima sedangkan Sila memiliki arti asas atau prinsip. Jadi Pancasila adalah sebuah lima prinsip yang sebagai dasar serta pedoman. Identitas merupakan label yang melekat pada diri seseorang dan menggambarkan jati diri orang tersebut.
Pancasila sendiri merupakan sebuah identitas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, setiap masyarakat adakah bagian dari bangsa Indonesia yang harus mempunyai jiwa pancasila sebagai identitasnya.
Sikap yang mencerminkan pancasila ketuhanan yang maha esa ialah:
Tekun dalam menjalankan ibadah dan menjadi pribadi yang terpuji sesuai dengan tuntunan agama yang diyakini masing-masing.
Tidak memaksakan agama yang dianut diri sendiri kepada orang lain.
Menghargai dan menghormati agama dan kepercayaan lainnya dengan cara tidak mencampuri urusan agama dan kepercayaan mereka.
Tidak menganggu jalannya peribadatan umat agama dan kepercayaan lainnya.
Menjadi pribadi yang religius, berbuat baik kepada sesama, berguna bagi nusa bangsa sesuai dengan tuntunan agama dan kepercayaan masing-masing.
3.PENUTUP.
A.Siswa dan Guru membuat kesimpulan atas materi yg baru dipelajari, bahwa dari conroh - contoh sikap yang diterapkan dalam kehidupan kita menunjukkan bahwa nilai - nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan jaman.
B.Guru menyampaikan materi yg akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang, yaitu tentang Dinamika perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup bangsa.
Penilaian :
Untuk penilaian ibu ada 3 yaitu:
1.SIKAP : Penilaian selama mengikuri kegiatan PBM, dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah
2.Pengetahuan : Mengerjakan tugas secara berkelompok.
3.Keterampilan : Kerapihan kelengkapan berpakaian,
Oke sayang selamat bekerja dan tetap Semangat ... Terus Jaga Kesehatan dan jangan lupa untuk selalu berdoa.
SUKSES UNTUK KITA BERSAMA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar