Rabu, 30 April 2025

Literasi Digital untuk Kemajuan Bangsa

 


                                                      PEMBELAJARAN PKn KELAS 8

                                                         PERTEMUAN KESEPULUH


Sekolah                    : SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung

Hari/TGL                 :  Rabu, 30  April  2025

Kelas                        :  8 B

Elemen                     :  Bhinneka Tunggal Ika

Fase / semester         : D / Genap

CP                             :  Peserta didik menumbuhkan sikap tanggung jawab dan berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan praktik nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya dalam masyarakat global

Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu menjelaskan hubungan literasi digital dengan kemajuan bangsa.

Materi                         :  Literasi Digital untuk Kemajuan Bangsa

Guru Pengampu         : Yuniar, S.Pd., M.M

waktu                         : 1 X Pertemuan ( 3 X 40 Menit / 3 JP).   

                                                                         

Karakter yang harus ditanamkan

- Percaya dan takwa kepada Allah SWT

- Bergotong royong

- Kreatif


TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran, diharapkan:

  •  Peserta didik mampu menunjukkan sikap berikut dalam berinternet.

  


KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatu ...

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Segala puji hanya milik Allah Rabb semesta alam, shalawat dan salam tercurahkan kepada nabi dan utusan paling mulia, nabi dan kekasih kita Muhammad, kepada keluarga, sahabat-sahabatnya, dan kepada siapa saja yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari pembalasan.

Anak - anak hebat yang sholeh dan sholeha yang ibu banggakan, sebelum kita melanjutkan materi pelajaran selanjutnnya yang akan kita pelajari pada hari ini, kita akan mengingat kembali pada pelajaran yang telah kita pelajari pada pertemuan pekan yang lalu, yaitu  Etiket dalam berinternet

Sekarang kalian sudah paham bahwa kita dalam memanfaatkan teknologi digital harus memahami tata cara dan sopan santun dalam bermedsos atau dengan kata lain Etiket dalam berinternet agar kita tidak merugikan dan dirugikan akibat dari etidak pahaman kita dalam berinternet, memilih dan memilah apa yang penting apa yang tidak penting buat kita dan orang banyak.
Sekarang kalian sudah paham ya nak bagaimana kita harus beretiket Dalam Berinternet.


Anak - anak Spalga yang hebat , sekarang kita lanjutkan materi pembelajaran yang selanjutnya yaitu Literasi Digital untuk Kemajuan Bangsa.Kita simak dulu vidio dibawah ini ...

Sumber Youtube






MATERI PELAJARAN

C. Literasi Digital untuk Kemajuan Bangsa

 Literasi digital dapat membantu masyarakat dalam mengakses informasi.

Masyarakat bisa dengan bijak menggunakan teknologi informasi dengan menerapkan kemampuan literasi digital.

Tak sekadar memanfaatkan teknologi untuk kepentingan pribadi, literasi digital juga bisa dipahami sebagai kemampuan seseorang untuk terhubung dengan orang lain seiring teknologi yang terus berkembang.

Selain itu pengetahuan baru yang diperoleh juga dari dunia digital juga bisa diterapkan dan dimanfaatkan untuk aktivitas ekonomi.

Potensi Ekonomi Digital Indonesia

Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang tinggi. Diperkirakan perdagangan digital akan tumbuh sebanyak 33,2% dari tahun 2020 menjadi Rp337 triliun di tahun ini.

Sementara transaksi digital banking diproyeksikan meningkat sebesar Rp32 triliun atau tumbuh 19,1% pada tahun 2021.

Selain itu, Google, Temasek, Bain & Company memproyeksikan bahwa nilai transaksi ekonomi digital Indonesia mencapai 124 miliar USD atau Rp1.700 triliun pada tahun 2025.

Indonesia dianggap mampu untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Hal ini  memerlukan infrastruktur yang memadai dan partisipasi dari generasi milenial untuk mewujudkannya.

Beberapa wilayah di Indonesia belum bisa mengakses internet secara lancar, ini merupakan tantangan bagi pemerintah yang harus diatasi.

Kominfo bekerja sama dengan Telkom untuk menyediakan layanan internet bagi masyarakat di daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal).

Namun, adanya infrastruktur saja tidak akan berpengaruh jika SDM-nya tidak bisa mengaplikasikan dengan baik.

Maka dari itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang cakap, memiliki ketrampilan, agar mampu bersaing di tengah persaingan global.

Pemerintah telah melakukan penyiapan dan pengembangan SDM (talenta digital), menguatkan ekosistem start – up untuk mendukung digital enterpreneur, dan meningkatkan konektivitas sebagai kekuatan ekonomi digital demi mendukung percepatan ekonomi digital Indonesia.

Selanjutnya yang tidak kalah penting, pemerintah juga melakukan literasi digital untuk masyarakat, agar semua lapisan masyarakat paham teknologi sehingga mampu memanfaatkannya dengan baik.

Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital

1. Perpunas

Program literasi informasi telah menjadi bagian dari program layanan perpustakan di wilayah Indonesia.

Saat ini pemerintah telah ikut berkontribusi dalam upaya peningkatan literasi digital dengan meluncurkan berbagai program.

Salah satunya adalah adanya program yang dikembangkan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) dengan layanan e-sources yang beralamat di http://e-resources.perpusnas.go.id/.

2. Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi

Melalui Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, diharapkan akan menciptakan konten - konten positif di internet yang kreatif, menyejukkan dan menciptakan perdamaian.

Konten negatif seperti penipuan, perundungan siber, ujaran kebencian, dan radikalisme berbasis digital akan musnah dengan adanya literasi digital ini.

Upaya meningkatkan literasi digital nasional dibawah naungan Kemkominfo yaitu Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi telah mendapatkan penghargaan internasional World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2020.

GNLD Siberkreasi dinobatkan sebagai pemenang dari Action Lines WSIS C4 Capacity Building yang terkait degan pemenuhan tujuan SDGs Goal 4 : Quality Education.


Mayes dan Fowler mengungkapkan bahwa literasi digital terdiri dari tiga level, yaitu:
- digital competence (kompetensi digital)
Digital competence adalah kemampuan untuk memilah dan mengolah saat berhadapan dengan berbagai informasi dalam dunia digital.
- digital usage (pemanfaatan digital)
Digital usage adalah kemampuan untuk memanfaatkan informasi yang sudah dipilah dan diolah tersebut untuk tujuan profuktif, seperti untuk bisnis dan pendidikan.
- digital transformation (transformasi digital)
Digital transformation adalah kemampuan melakukan inovasi menghasilkan metode atau produk baru yang bermanfaat bagi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi digital.






 EVALUASI.


 Meminta siswa merancang suatu informasi tentang kearifan budaya lokal melalui media sosial.dilaporkan ke guru hasil unggahannya di media sosial 

 KESIMPULAN         

 Anak - anak yang hebat bagaimana belajar kita hari ini ... kalian senang tidak ...kalau kalian senang insyaallah kalian dapat memamahi materi pelajaran hari ini, kesimpulan pembelajaran kita hari ini adalah bahwa kita mempunyai kewajiban untuk melestarikan kebudayaan lokal salah satunya melalui media sosial, kita mengenalkan keragaman budaya kita melalui informasi didital, agar keragaman budaya bangsa dapat dikenal di seluruh dunia dengan cara yang cepat, mudah dan murah. Begitulah cawa kita dalam merawat keragaman budaya melalui literasi digital.

Oke sayang teruslah belajar dan tetap Semangat dalam meraih cita - cita ...  terus Jaga Kesehatan dan jangan lupa untuk terus berdoa memohon keridhoan Allah SWT...

REFERENSI:

Buku Paket PPKn kelas 8 kurikulum Merdeka                                                                                        Vidio Youtube Pakwon                                                                                                                            Artikel materi Grid Kids                                                                                                                                Dan buku yang relefan lainnya.


14 komentar:

  1. assalamualaikum widya ramadhani 8b hadir bu

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Galyla Ratna 8B hadir bu

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Gibran syahdan makbul 8b hadir bu

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Azka aidiel fitrian 8b hadir bu

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum Dewa khim 8.B hadir bu

    BalasHapus
  6. assalamualaikum azzahra alya nabila 8b hadir bu

    BalasHapus
  7. assalamualaikum rafa maritza 8b hadirr bu

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum Naurah aliya karimah 8b hadir bu

    BalasHapus
  9. assalamu'alaikum bu shaza zahira kelas 8b hadir

    BalasHapus
  10. assalamualaikum nadin safa nabila 8b hadir bu

    BalasHapus
  11. assalamualaikum keisha sharfina 8b hadir bu

    BalasHapus
  12. assalamualaikum syalfa nesha aulia 8b hadir bu

    BalasHapus
  13. assalamu'alaikum alisha cahya nirwana 8b hadir bu

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum, Arsha hartono putri kelas 8B hadir bu

    BalasHapus